Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kolaka Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petani Paulau Nibung Tanam Padi Sesuaikan Cuaca

  • Oleh Norhasanah
  • 18 April 2017 - 15:59 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Petani Desa Pualu Nibung, Kecamatan Jelai, Sukamara tidak melakukan penanam lahan sesuai dengan kalender tanam yang ditentukan oleh pemerintah, mengingat perubahan iklim membuat musim tanam tidak bisa dilakukan menyesuaikan dengan jadwal yang ditetapkan.

Ketua kelompok tani Desa Pulau Nibung Musbah mengatakan, adanya perubahan iklim atau cuaca saat ini membuat petani harus memilih waktu yang tepat untuk melakukan penanaman agar tanaman bisa tumbuh dengan baik.

'Meskipun dalam kalender tanam sudah tetapkan jadwal tanam untuk Oktober -Maret (Okmar), namun apabila pada bulan tersebut masih belum memungkinkan untuk dilakukan penanaman maka petani akan menunda dahulu,' kata Musbah, Selasa (18/7/2017).

Menurutnya, menunda musim tanam dari kalender tanam memang dilakukan oleh petani diwilayah Desa Pulau Nibung karena kendala yang harus dihadapi akibat perubahan iklim atau cuaca sehingga lahan ada yang terendam banjir.

'Lahan ada yang terendam banjir saat memasuki musim tanam Okmar, apabila dipaksakan untuk tetap dilakukan penanaman maka dikhawatirkan tidak bisa tumbuh dengan baik,' ujarnya.

Terjadi penundaan musim tanam tersebut memang berdampak pada hasil panen petani mengingat kendala yang harus diatasi oleh petani saat terjadi perubahan cuaca yang menyebabkan tanaman yang sering terendam banjir.

'Produksi padi memang menurun tetapi petani tetap harus mengolah lahan agar bisa tumbuh dan memberikan hasil bagi petani,' ucapnya. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru