Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DKPPP Targetkan 3.200 Vaksinasi Massal Anjing Penular Rabies

  • Oleh Uriutu
  • 18 April 2017 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Buntok ' Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Barito Selatan (Barsel), menargetkan 3.200 vaksinasi massal anjing penular rabies pada tahun 2017 ini. Kabid Peternakan, Hevijanto mengatakan, saat ini pihaknya lagi mempersiapkan agar vaksinasi massal bisa berjalan sesuai target.

Untuk vaksinnya, lanjut dia, telah dipersiapkan dari provinsi sebanyak 3.200 dan ditambah 200 vaksin untuk stok. 'Pelaksanaan vaksin massal ini mulai dilakukan pada bulan Mei mendatang,' kata Hevijanto kepada Borneonews, Selasa (18/4/2017).

Hevijanto mengaku optimistis target vaksinasi 3.200 hewan penular rabies akan tercapai. Tahun ini ada dua kasus gigitan satunya positif rabies dan satunya tidak diketahui karena sampel yang dikirim rusak. 'Beruntung korban cepat ditangani oleh pihak kesehatan, sehingga bisa diatasi dan saat ini korban itu tidak mengalami hal-hal yang tidak diinginkan,' beber dia.

Menurutnya, pada tahun 2016 yang lalu vaksinasi massal ini melebihi dari target. Target tetap 3.200 tapi realisasinya 3.271 anjing yang divaksin. Dari semua itu, ada sebanyak 607 ekor anjing yang tersebar dilima kecamatan kecuali Jenamas yang belum divaksin.

Hal itu, lanjut dia, ada yang pemiliknya memang tidak mau dilakukan vaksinasi, anjingnya tidak bisa ditangkap dan pihaknya datang anjingnya dibawa kekebun. 'Untuk tahun ini kita berharap semua anjing bisa dilakukan vaksinasi,' harap dia. (URIUTU DJAPER/B-8).

Berita Terbaru