Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Makassar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Inilah Dua Fokus Program yang Dituntut Lima Gubenur Pulau Kalimantan

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 18 April 2017 - 19:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Lima gubernur di Pulau Kalimantan menyepakati dua fokus dalam kerangka membangun pulau besar yang tepat berada di tengah Indonesia itu.

Kesepakatan itu tertuang saat berlangsung Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Regional Kalimantan 2017 yang digelar di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (18/4/2017).

Fokus pertama adalah konektifitas yang terdiri atas lima hal yaitu pembangunan jalan dan jembatan, pembangunan terminal, pembangunan pelabuhan, pengembangan bandara, dan pembangunan jalur kereta api.

Sedangkan fokus kedua yaitu kedaulatan Energi meliputi pembangunan pembangkit listrik dan jaringannya (interkoneksi seluruh Kalimantan), lalu program pengembangan dan pemanfaatan energi baru dan terbarukan.

'Usulan untuk fokus konektifitas ada 33 program dan usulan untuk fokus kedaulatan energi meliputi 46 kegiatan,' terang Gubernur Kalteng Sugianto Sabran kepada Borneonews.co.id.

Ada tiga menteri yang menyaksikan dan menandatangani kesepakatan bersama yang dibuat lima gubernur seluruh Kalimantan. Yaitu Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani. (ROZIQIN/B-6)

Berita Terbaru