Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Maluku Barat Daya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ada 79 Usulan Program Pada Musrenbangnas Regional Kalimantan

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 18 April 2017 - 20:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Total usulan pemerintah pusat kepada Pulau Kalimantan pada pembangunan 2017 mencapai 79 program. Lima gubernur di Pulau Kalimantan menyepakati semuaprogram itu saat Musrenbangnas Regional Kalimantan 2017 di Hotel Borobudur Jakarta, Selasa (18/4/2017).

Total usulan sebanyak itu terbagi pada dua fokus konektifitas dan kedaulatan energi. Usulan untuk fokus konektifitas ada 33 program dan usulan untuk fokus kedaulatan energi 46 kegiatan.

Khusus untuk fokus konektifitas, rinciannya program pembangunan jalan dan jembatan. Kemudian terdiri dari 12 program usulan pembangunan pelabuhan terdiri dari 5 usulan, pengembangan bandara terdiri dari 4 usulan, dan pembangunan jalur kereta api terdiri dari 11 usulan.

Sedangkan pembangunan terminal terdiri dari satu program usulan usulan pembangunan terminal terdiri dari 1 program usulan yaitu di Kalimantan utara dan Kalimantan Barat yaitu pembangunan terminal tipe A di Tanjung Selor, (Kaltara), Samarinda (Kaltim) dan Singkawang (Kalbar).

Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran mengatakan untuk program di Kalteng yang diusulkan untuk didanai APBN dan dikemukakan dalam Musrenbang Regionalitu ada dua, yaitu pembangunan jembatan panda trase Tabukan-Dadahup dan pembangunan jalan batas Kalbar'Tumbang Sanamang'Tumbang Hiran'Tumbang Samba 207 Km.

'Untuk pengembangan bandara kita ada pengembangan Tjilik Riwut, untuk jalan dan jembatan ada dua program pembangunan, sedangkan untuk pembangunan pelabuhan kita tidak dapat. Kemudian untuk pembangunan jalur kereta api ada tiga program kegiatan,' terangnya kepada Borneonews.co.id. (ROZIQIN/B-6)

Berita Terbaru