Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanah Bumbu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perusahaan Harus Bantu Petani Buka Lahan Pertanian dengan Alat Berat

  • Oleh Cecep Herdi
  • 18 April 2017 - 21:16 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pejabat Bupati Kotawaringin Barat (Kobar), Nurul Eddy meminta perusahaan besar swasta (PBS) mau membantu pembukaan lahan pertanian milik masyarakat menggunakan alat berat. Hal itu berkaitan dengan larangan pembukaan lahan dengan cara dibakar.

"Kami minta agar perusahaan kelapa sawit bisa menurunkan alat berat membantu masyarakat membuka lahan pertanian mereka," ungkap Nurul Eddy, Selasa (18/4/2017).

Ia menegaskan, sanksi berat menunggu siapa saja, termasuk masyarakat jika berani membakar lahan hingga menyebabkan kebakaran hutan atau lahan (karhutla).

Sementara di sisi lain, sejak adanya surat edaran larangan membuka lahan dengan cara dibakar produksi padi di Kobar menurun. "Hal ini tidak boleh dibiarkan saja dan harus dicarikan solusi untuk pembukaan lahan pertanian," kata Edy.

Solusi yang tepat dengan menggunakan alat berat, selain dinilai cukup efektif juga akan cepat dalam pengerjaannya. "Hanya saja, masyarakat sangat kesulitan untuk menyewa alat berat yang tentunya butuh biaya yang tidak sedikit," katanya.

Perusahaan besar ikut serta membantu masyarakat Kobar otomatis juga menyukseskan program pemerintah. Baik itu program ketahanan pangan juga pembukaan lahan dengan cara tidak dibakar.

Dengan cara ini lanjutnya, kedepan upaya membakar lahan tidak terjadi lagi. Sehingga kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) juga semakin sedikit diwilayah Kobar. "Saya yakin Kobar ini mampu mencegah karhutla. Dengan catatan pemerintah, masyarakat dan perusahaan bersinergis." (CECEP HERDI/B-10)

Berita Terbaru