Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Belitung Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Minyak Sawit Lebih Kaya Nutrisi Ketimbang Minyak Nabati Lain

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 19 April 2017 - 06:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Banyak orang salah mengira terhadap minyak sawit, terutama dari masyarakat Barat. Padahal minyak sawit merah memiliki kandungan nutrisi melimpah.

Dibandingkan dengan minyak nabati lain, seperti minyak kedelai, minyak jagung atau minyak biji bunga matahari, minyak sawit merah lebih kaya nutrisi.

Seperti diungkapkan dalam The Palm Oil Miracle, minyak sawit mengandung beta-karoten, alfa-karoten, dan likopen. Selain itu juga mengandung sedikitnya 20 karoten lain bersama dengan vitamin E, vitamin K, CoQ10, squalen, fitosterol, flavonoid, asam fenolat, dan glikolipid.

Bahkan minyak sawit menjadi salah satu tumbuhan dengan sumber alami vitamin E yang paling kaya. Selain vitamin E biasa, minyak sawit juga mengandung tokotrienol, yang merupakan keluarga vitamin E.

Ada empat jenis tokotrienol, dan minyak sawit mengandung keempatnya. Keempat tokotrienol ini memiliki kemampuan antioksidan 60 lebih besar ketimbang vitamin E. Kombinasi antara vitamin E, tokotrienol, karotene dan antioksidan lain, menjadikan minyak sawit sebagai makanan antioksidan super.

Layaknya makanan suplemen alami, minyak sawit merah juga mengandung begitu banyak nutrisi dan antioksidan, sehingga cocok untuk suplementasi. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru