Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Way Kanan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Staf Ahli Sosialisasikan Permendag Pendaftaran Pelaku Distribusi Barang

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 19 April 2017 - 06:36 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Staf Ahli Menteri Perdagangan Dody Edward mensosialisasikan Permendag 20/2017 tentang Pendaftaran Pelaku Usaha Distribusi Barang Kebutuhan Pokok kepada pemilik usaha. Itu yang antara lain dilakukan Staf Ahli Mendag Bidang Hubungan Internasional itu, saat meninjau sejumlah gudang distributor di Palangka Raya, Ibu Kota Kalimantan Tengah, Selasa (18/4/2017) siang.

'Staf Ahli Mendag mengecek ke gudang distributor di Palangka Raya Selasa siang. Peninjauan ini merupakan lanjutan pemantauan harga dan stok barang kebutuhan pokok, Senin (17/4/2017),' kata Staf Humas Kemendag RI, Nesya, kepada Borneonews.co.id, Rabu (19/4/2017).

Siang itu, setidaknya ada dua gudang distributor sembako dan makanan minuman yang ditinjau bersama jajaran Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kalteng tersebut.

Di antara gudang yang dicek Dody Edward didampingi Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disprindag Kalimantan Tengah, Ilham Fauzi adalah Gudang Papa Samsu. Ia pemasok 300 jenis produk makanan dan minuman untuk tiga daerah, Kota Palangka Raya, Kabupaten Pulang Pisau, dan Kuala Kurun, Kabupaten Gunung Mas, Kalteng.

"Staf Ahli Mendag mensosialisasikan Permendag 20/2017 tentang Pendaftaran Pelaku Usaha Distribusi Barang Kebutuhan Pokok kepada pemilik usaha," urai Nesha.

Puas meninjau stok barang kebutuhan di gudang Papa Samsu, kedua pejabat ini, berlanjut mengecek gudang Kahayan Niaga Utama. Perusahaan ini memasok 150 jenis produk makanan dan minuman ke Palangka Raya dan sekitarnya.

Sebelumnya, Staf Ahli Bidang Hubungan Internasional Kemendag RI, Dody Edward menilai harga-harga komoditas di Kalimantan Tengah, khususnya Kota Palangka Raya masih dalam taraf wajar, terkendali, dan stabil. Ini disampaikan Dody setelah Senin (17/4/2017) pagi menengok Pasar Besar Jalan A Yani.

Ia berharap agar kestabilan harga tersebut berlanjut hingga lebaran 2017. Karena itu, Dody meminta sejumah pihak terkait antara lain Badan Urusan Logistik (Bulog) dan pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten/kota di Kalteng turut andil dalam stabilitas harga-harga kebutuhan pokok ini.

'Saya dari pagi sudah melihat ke pasar, cukup bagus dan harga stabil, juga dengar dari Bulog pasokan tersedia, cukup. Juga dari pedagang di pasar menyebut sepanjang pasokan tersedia, harga dijamin stabil. Jadi intinya adalah pasokan atau ketersediaan, itu bisa menjamin harga,' kata Dody usai Rapat Koordinasi Identifikasi Barang Kebutuhan Pokok Jelang Puasa dan Lebaran di Swissbell Hotel Palangka Raya, Senin (17/4/2017) sore. (ROZIQIN/N).

Berita Terbaru