Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dana Desa Tahun Ini Capai Rp1 M Hingga Rp2 Milyar Per Desa

  • Oleh Abdul Gofur
  • 19 April 2017 - 09:10 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMdes) Kabupaten Katingan, Kabul Mustiman mengatakan besaran dana desa (DD) dan ADD tahun 2017 ini mencapai Rp1,3 miliar hingga Rp2 miliar lebih per desa.

"Besaran dana desa yang bersumber dari pusat maupun anggaran dana desa dari APBD kabupaten itu berbeda antara desa satu dengan desa lainnya," ujar Kabul Mustiman kepada borneonews.co.id Selasa (18/4/2017).

Menurut Kabul Mustiman, di Kabupaten Katingan ada 154 desa yang tahun 2017 ini bakal mendapat gelontoran DD maupun ADD itu. Untuk anggaran dana desa (ADD) sebut Kabul Mustiman yang bersumber dari APBD Kabupaten Katingan, besaran alokasinya semua desa sama, yakni sekitar Rp500 juta per desa.

Kemudian, ditambah dengan dana desa (DD), namun besaran untuk tiap desa tidak sama. "Desa yang mendapatkan akumulasi DD dan ADD itu yang paling terkecil sekitar Rp1,3 miliar, sedangkan yang paling besar lebih dari Rp2 miliar," kata Kabul Mustiman.

Kabul menjelaskan perbedaan alokasi DD pada masing-masing desa, karena ada beberapa faktor. Di antaranta jumlah penduduk, luas wilayah maupun jumlah warga miskin yang tinggal di desa itu. "Semakin banyak warga kurang mampu, maka DD-nya juga semakin besar," imbuh Kabul Mustiman. (ABDUL GOFUR/B-2)

Berita Terbaru