Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangka Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bakesbangpol Upayakan Peningkatan Demokratisasi Politik

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 19 April 2017 - 10:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Untuk meningkatkan sistem demokrasi dan pendewasaan masyarakat terhadap politik, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Kalteng menggelar kegiatan peningkatan demokratisasi politik yang berlangsung di aula Bakesbangpol, Palangka Raya, Rabu (19/4/2017).

Kegiatan ini digelar berselang sehari setelah Bakesbangpol mengadakan Rapat Koordinasi Forum Diskusi Politik bagi Parpol, Kesbangpol, dan Kabag Keuangan Kabupaten/Kota se-Kalteng di tempat yang sama. Dalam Rapat Koordinasi itu, Bakesbangpol membahas bantuan keuangan kepada partai politik yang bersumber dari APBN/APBD.

'Kegiatan kemarin adalah penekanan bagaimana administrasi bantuan keuangan dan laporan pertanggungjawaban penggunaannya yang secara undang-undang adalah prioritas digunakan untuk melaksanakan pendidikan politik. Sedangkan kegiatan kali ini penekanannya adalah peningkatan demokratisasi politiknya,' ungkap Kepala Bakesbangpol Kalteng Berlin Sawal.

Seperti kerap diberitakan, tahun depan Provinsi Kalimantan Tengah akan melaksanakan pilkada serentak di 11 kabupaten/kota, tepatnya pada Juni 2018. Namun, sejauh ini masih banyak persoalan muncul pada masa persiapan. Yang paling menonjol ialah soal pendanaan. Pasalnya, hingga saat ini mayoritas pemerintah daerah belum menandatangani naskah perjanjian hibah daerah (NPHD). (ROZIQIN/B-3)

Berita Terbaru