Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Begini Mekanisme Kerjasama PT SSMS Tbk-Kelompok Tani Dalam Program 1 Juta Pohon

  • Oleh Wahyu Wulandari
  • 19 April 2017 - 12:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS) sudah melansir Program 1 Juta Pohon. Masyarakat pun ikut terlibat dalam program ini. Seperti apa mekanismenya

Masyarakat yang terlibat dalam penanaman mangrove dan pohon untuk hutan pantai adalah kelompok tani dan nelayan dari Desa Kubu dan Desa Sungai Umbang.

"Mekanismenya, perusahaan menyediakan segala biaya yang diperlukan untuk program penanaman. Sedangkan kelompok nelayan dan kelompok tani bertanggung jawab untuk menyediakan bibit, melakukan pembibitan, menanam serta memelihara mangrove dan tumbuhan hutan pantai. Lahan biasanya milik desa atau kelompok tani tertentu yang memang memerlukan proses penanaman kembali,' kata Kepala Departemen Konservasi Lingkungan dan K3 PT SSMS Tbk Joko Triyanto kepada Borneonews, di Pangkalan Bun, baru-baru ini.

Di Pantai Kubu ada satu kelompok tani yang beranggotakan 9 orang yang terlibat dalam Program 1 Juta Pohon ini. Sedang di TWA Tanjung Keluang ada dua kelompok tani dan nelayan yang berasal dari Desa Sungai Umbang dan Desa Kubu. Lokasi penanamaan pohon hanya berjarak sekitar 30 menit menggunakan kelotok dari kedua desa tersebut.

"Selain itu, kelompok tani dan nelayan ini juga memberikan laporan perkembangan penanaman secara berkala kepada perusahaan. Misalnya ada mangrove yang mati, dan harus disulam,' ujar Joko.

Ia menambahkan, kelompok tani dan nelayan ini juga mendapatkan semacam kompensasi dari perusahaan yang didirikan oleh pengusaha nasional H Abdul Rasyid AS ini. Kompensasi ini sebagai tanda terima kasih perusahaan karena masyarakat telah membantu Program 1 Juta Pohon ini.

"Jumlahnya memang tidak banyak. Namun kami berharap dapat membantu mengembangkan kelompok tani dan nelayan, dan juga mampu merangsang kelompok-kelompok itu untuk bersama-sama mewujudkan lingkungan alami dengan Program 1 Juta Pohon,' ujar Joko. (WAHYU WULANDARI/m)

Berita Terbaru