Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangka Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Awas, Hacker Incar Facebook Pejabat dan Pengusaha di Kobar!

  • Oleh Cecep Herdi
  • 19 April 2017 - 17:08 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kalangan pejabat dan pengusaha di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) yang memiliki akun media sosial facebook harus lebih waspada. Pasalnya, peretas akun facebook para pejabat terus mengincar untuk membobol facebook yang kemudian digunakan untuk menipu banyak orang.

Menurut salah satu pejabat yang telah menjadi korban pembobolan akun facebook miliknya mengaku hacker atau pelaku peretasan ini awalnya menyamar sebagai seseorang yang sok akrab. Dia meminta kode enam digit angka yang digunakan untuk mengubah password facebook.

"Saya juga awalnya nggak tahu kode itu untuk apa, pelaku ini minta disebutkan terus kadang alasannya bermacam-macam. Saya nggak tahu kan ujung-ujungnya facebook kita dicuri setelah saya sebutkan enam digit itu," kata Kepala BKPP Kobar, Tengku Ali Syahbana, Rabu (19/4/2017).

Senada, salah satu kontraktor di Kecamatan Kumai, Suran juga mengaku facebook miliknya dibobol. Bahkan menurut dia, korban yang sudah mentransfer uang tidak hanya satu dua orang saja. "Tetangga saya persis depan rumah kena Rp3 juta. Teman saya yang lain bahkan ada yang transfer Rp10 juta. Selebihnya Rp1 juta sampai Rp2 juta. Kejadian itu sekitar enam bulan yang lalu," ujarnya.

Salah satu anggota DPRD Kobar juga sempat menjadi korban peretasan akun facebook miliknya. Belum sempat jatuh korban, ia menyadari dan segera lapor polisi. (CECEP HERDI/B-2)

Berita Terbaru