Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tukang Bangunan Banyak Menganggur Dampak Penertiban Galian C

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 19 April 2017 - 19:58 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Penertiban galian C yang dilakukan kepolisian sehingga menghentikan aktivitas pertambangan itu, juga berdampak terhadap tukang bangunan. Pasalnya, banyak tukang yang menganggur.

'Sudah hampir lima hari terakhir saya tidak bekerja. Bingung mau apa. Toh, bahan bakunya tidak ada," kata Zainal, salah satu tukang di Kota Sampit, Rabu (19/4/2017).

Imbasnya, perekonomian keluarganya pun bergejolak. Apalagi, penghasilannya sebagai tukang selama ini untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, seperti keperluan rumah tangga.

'Terpaksa ngutang dulu untuk kebutuhan rumah tangga," katanya.

Zainal menerangkan dampak tersebut tidak hanya terjadi pada dirinya saja, namun juga terhadap sejumlah temannya sesama profesi.

Pada dasarnya, pihaknya mendukung upaya penertiban terhadap usaha tambang yang tidak memiliki izin seperti galian C. Namun pemerintah juga seharusnya memikirkan solusinya, sehingga tidak terjadi permasalahan seperti sekarang ini.

'Dampaknya sangat luar biasa sekali. Kami juga mulai kesulitan membayar cicilan utang. Apalagi sekarang ini sudah mendekati bulan Ramadan dan Lebaran,' ungkapnya. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru