Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Membrano Raya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Payah...Kalteng Trade Expo 2017 Minim Peserta

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 19 April 2017 - 20:04 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Kalteng Trade Expo 2017 yang digelar di arena pameran Temanggung Tilung, Kota Palangka Raya telah resmi dibuka Rabu (19/4/2017) sore.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Kalimantan Tengah, Ilham Fauzy mengatakan acara pameran tahunan ini ini diikuti 50 peserta dengan 68 stand.

Cukup disayangkan karena jumlah yang minim ini ternyata jauh merosot ketimbang expo yang sama tahun lalu.

Jika diperhatikan, tidak banyak pemerintah kabupaten/kota bahkan dari instansi di lingkup pemerintah provinsi (Pemprov) sendiri.

Bandingkan tahun lalu, dimana Kalteng Quality Expo 2016 diisi 212 peserta yang ambil bagian, dari dalam maupun luar Kalteng. Terdiri dari 49 stand instansi Pemprov, 50 stand dari kabupaten/kota, 49 pelaku UMKM, dan 14 perusahaan swasta.

Minimnya promosi disinyalir menjadi sebab minimnya peserta yang tertarik mengikuti. Dalam keterangannya, Ilham Fauzy mengatakan even tahunan ini menampilkan produk unggulan ekspor Kalteng dan potensi daerah, jasa layanan publik, peluang investasi, industri, pedagangan, pariwisata dan kuliner.

Sebagai penyemarak, expo akan menyajikan pentas seni budaya serta akan diramaikan dengan kehadiran artis ibukota.

'Dalam ajang expo kali ini, stand outdoor khusus untuk diisi oleh pelaku usaha UMKM dan industri. Kita harapkan melalui Kalteng Trade Expo ini mampu meningkatkan daya saing produk,' ucapnya.

Sementara itu Penjabat (Pj) Sekda Kalteng, Sahrin Daulay mewakili Gubernur Kalteng Sugianto Sabran saat membuka kegiatan tahunan itu mengatakan, Kalteng Trade Expo dinilai mampu mempromisikan potensi dan peluang invetasi serta produk atau komoditas unggulan yang dimiliki kabupaten/kota.

'Tidak hanya masalah peluang usaha yang ingin kita tawarkan, tapi Kalteng Trade Expo dianggap mampu menjadi wahana pengembangan interaksi bisnis. Itu yang kita harapkan dalam kegiatan selama sepekan ini,' tuturnya. (ROZIQIN/B-6)

Berita Terbaru