Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ogan Komering Hulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Berdalih Penghasilan Kurang, Mekanik Bengkel ini Pilih Bisnis Zenith

  • Oleh Naco
  • 19 April 2017 - 22:52 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bekerja sebagai karyawan di bengkel kecil dijadikan alasan Abdul Muin alias Muin (33) untuk menjual zenith. Pasalnya, penghasilan sebagai mekanik bengkel dinilainya tidak cukup memenuhi kebutuhan sehari-hari.

'Saya hanya jual kecil-kecilan saja, tidak ada modal mau jual banyak. Saya baru dua bulan jualan, lalu ditangkap polisi,' kata warga Kelurahan Kota Besi, Kecamatan Kota Besi, Kabupaten Kotim, Rabu (19/4/2017), saat pelimpahan berkas tahap II di Kejari Kotim.

Menurut tersangka, untuk satu kepingnya dia jual seharga Rp80 ribu, dan rata-rata pembelinya petani karet dan petani rotan.

'Katanya biar kuat menarik rotannya kalau mengonsumsi zenith,' ujar tersangka.

Tersangka diamankan petugas Polsek Kota Besi, Rabu (18/1/2017) lalu, sekitar pukul 20.30 wib, di kediamannya, Jalan Diponegoro, Gang Hasyim, Kota Besi. Kala itu dia baru mengambil satu box zenith seharga Rp250 ribu dari bandar.

Muin mengungkapkan, zenith itu dia beli dari seorang bandar sekitar jembatan Pemuatan, Kecamatan Baamang. Namun dia berdalih tidak mengetahui identitasnya, karena selama ini langsung membeli dari tangan anak buah si bandar.

Dalam kasusnya ini, tersangka dijerat dengan Pasal 197 atau Pasal 196 UU RI Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. (NACO/B-11)

Berita Terbaru