Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sabu Raijua Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pertanian Kotim akan Kembangkan Bawang Merah di Lahan Seluas 120 Hektare

  • Oleh Noor Annisa
  • 19 April 2017 - 21:43 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kabupaten Kotawaringin Timur mendapatkan bantuan untuk pengembangan dan penangkaran bibit bawang merah di lahan selusar 120 hektare. Program itu merupakan bantuan yang bersumber dari APBN.

Kepala Bidang Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian Kotim, Septina, Rabu (19/4/2017) mengatakan, total bantuan untuk Kalimantan Tengah yakni seluas 500 hektare. Dan Kotim mendapat jatah paling besar.

"Untuk musim tanam di bulan Mei nanti akan ada 36 hektare untuk penangkaran yang tersebar di beberapa kecamatan," ujar Septina.

Adapun kecamatan yang dipilih menjadi lokasi pengembangan dan penangkaran bawang merah tersebut yakni, Seranau, Mentawa Baru Ketapang, Kota Besi, Telawang dan Mentaya Hilir Utara.

"Mentawa Baru Ketapang menjadi daerah sentralnya dengan luas lahan 21,5 hektare," kata Septina.

Menurut Septina, penangkapan dan pengembangan bawang merah tersebut dalam rangka perbanyakan benih. 36 hektare lahan yang disediakan pertama. Baru nantinnya dilanjutkan di lahan seluas 84 hektare. Dan totalnya 120 hektare.

Untuk diketahui, petani yang menjadi peserta dalam melakukan penangkaran pun juga pilihan. Yakni petani yang mempunyai pengalaman menanam bawang merah dan diberikan pelatihan cara bercocok tanamnya.

Harapannya, melalui program itu, kebutuhan bawang merah di Kotim bisa terpenuhi dengan produksi lokal. (NOOR ANNISA/B-11)

Berita Terbaru