Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Makassar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Aparatur Desa di Seruyan Dituntut Kuasai Pengelolaan Keuangan Berbasis Teknologi

  • Oleh Parnen
  • 20 April 2017 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Aparatur pemerintahan desa (Pemdes) di Kabupaten Seruyan diharapkan menguasai Sistem Keuangan Desa (Siskeudes). Sistem itu bertujuan membantu pemdes agar tertib dalam pelaporan hingga pengelolaan keuangan berbasis teknologi aplikasi.

"Sistem pelaporan keuangan berbasis aplikasi tersebut seiring dengan komitmen pemerintah. Agar seluruh jenis laporan keuangan berbasis teknologi," kata Bupati Seruyan, Sudarsono, Kamis (20/4/207).

Bupati menyampaikan, saat ini pemerintah pusat melalui Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) sudah menciptakan satu aplikasi, yakni Siskeudes. Diharapkan dapat membantu seluruh desa untuk tertib dalam pelaporan dan pengelolaan keuangan desa.

"Seiring peran desa sebagai salah satu sentra pembangunan, dengan dikucurkannya dana pembangunan baik bersumber dari APBD maupun APBN, maka diharapkan setiap desa harus terus melakukan inovasi termasuk dalam hal pelaporan keuangannya," kata dia.

Selain itu, tambahnya, guna menuju tertibnya pelaporan keuangan dengan menggunakan sistem aplikasi terpadu ini, maka yang menjadi tolak ukur keberhasilannya adalah dengan penguasaan aplikasi itu sendiri.

"Semudah apapun aplikasi itu dibuat, namun itu tidak akan dapat berhasil jika aparatur desa yang melaksanakan tidak menguasainya," jelas Sudarsono. (PARNEN/B-11)

Berita Terbaru