Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nunukan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

49 Ribu Penduduk Kobar PBI BPJS Kesehatan Didanai APBN

  • Oleh Testi Priscilla
  • 20 April 2017 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sebanyak 49.459 jiwa penduduk di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menjadi Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan melalui dana APBN. "Dari total penduduk 235.274 jiwa, ada 68.945 peserta penerima PBI. 19.486 di antaranya dari dana APBD dan 49.459 dari dana APBN," ungkap Kepala BPJS Cabang Palangka Raya Fitria Nurlaila Pulukadang kepada Borneonews, Kamis (20/4/2017).

Menurut Fitria, setiap warga negara kurang mampu berhak mendapat jaminan dari pemerintah, termasuk dalam hal kesehatan. PBI adalah salah satu buktinya. "Caranya dengan mendaftarkan diri ke Dinas Sosial setempat. Jika memang benar membutuhkan bantuan dan masuk kategori kurang mampu, Dinsos lah yang akan mendaftarkannya ke BPJS Kesehatan. Ini adalah warga yang terdaftar sebagai peserta BPJS melalui dana APBN dan APBD," tambah Fitria.

Berdasarkan data, PBI untuk seluruh wilayah di Kalimantan Tengah dari dana APBN adalah sebesar 497.736 jiwa. Sedangkan warga penerima BPJS melalui pemerintah daerah setempat yang bersumber dari APBD tercatat 161.727 jiwa. "Sisanya adalah non PBI," kata Fitria menjelaskan.

Jika berdasarkan data pemanfaaatan layanan kesehatan dengan jaminan BPJS, Fitria menjelaskan, untuk se-Kalteng setidaknya sudah 500 jiwa lebih yang sudah berobat gratis di klinik, puskesmas, pustu ataupun di Rumah Sakit yang ada di kabupaten/kota. "Sehingga dengan demikian masyarakat sudah mengetahui kemanfaatan sebagai kepesertaaan BPJS," tambahnya. (TESTI PRISCILLA/B-8)

Berita Terbaru