Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Membrano Raya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kadispora Kalteng Dorong Pemuda PMII Serius Berkompetisi

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 21 April 2017 - 09:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Tengah Suyanto mengingatkan pemuda kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII)agar siap bertarung, bersaing atau berkompetisi dalam era global sekarang. Berbagai tantangan tengah dihadapi bangsa-bangsa di dunia termasuk Indonesia. Tantangan ini memacu dunia berkompetisi secara bebas.

Penekanan ini disampaikan Suyanto saat pembukaan pelatikan kader lanjut (PKL) yang diselenggarakan PMII Kalteng di Asrama Haji Palangka Raya, Kamis (20/4/2017). Ia meminta kader PMII mengikuti dan bersiap diri menatap perkembangan.

'Tantangan ini begitu mendasar dan serius. Tantangan ini memacu kompetisi, dan dalam persaingan global sangat dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan memiliki wawasan luas. Kita berharap dari PKL ini akan lahir kader pemimpin handal yang mampu mengatasi tantangan dan hambatan serta memberikan solusi dari sebuah persoalan, serta mampu berkompetisi,' ujarnya.

Suyanto menyebutkan, perdagangan bebas adalah buah dari globalisasi, tidak ada sekat antarnegara, dan kita tidak bisa mangkir darinya. Ketika kita tidak mampu berkompetisi, bisa dipastikan bangsa ini menjadi negara tertinggal. Sebagai anak bangsa, kata dia, harus tahu dan wajib memahami ini, sehingga penguasaan ilmu pengetahuan menjadi syarat wajib untuk dikuasai bangsa Indonesia.

Selain memberikan tantangan agar menata diri lebih baik dan tidak cepat berpuas diri, Suyanto juga mengingatkan maksud dan tujuan didirikannya sebuah organisasi. Ia juga mengingatkan PMII akan tujuan dalam Undang-undang Kepemudaan nomor 40 tahun 2009, yakni ditujukan untuk mengasah kematangan intelektual, meningkatkan kreativitas, menumbuhkan rasa percaya diri, meningkatkan daya inovasi dan menyalurkan minat bakat, menumbuhkan semangat kesetiakawanan sosial, serta pengabdian masyarakat.

'Dari tujuan tersebut, kami berpesan kepada adik-adik peserta PKL, ayo manfaatkan waktu, tenaga, dan pikiran kalian untuk peningkatan kapasitas diri dari keikutsertaan dalam sebuah organisasi. Tanamkan niat dan motivasi sungguh-sungguh, jadikan organisasi kawah candradimuka tempat menggembleng dan menempa serta mengembangkan potensi diri,' tutupnya. (ROZIQIN/N).

Berita Terbaru