Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tomohon Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jumlah Penumpang Armada Angkutan Sungai Semakin Berkurang

  • Oleh Supri Adi
  • 21 April 2017 - 15:58 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Jumlah angkutan armada sungai di Sungai Barito ternyata tidak sebanding dengan jumlah penumpang yang menggunakan jasa transportasi tersebut. Bahkan sekarang, jumlahnya semakin sedikit dibandingkan beberapa tahun lalu.

Akibat banyaknya jumlah armada angkutan sungai ini, sekarang telah diberlakukan trayek angkutan sungai secara bergiliran. Untuk mendapatkan sekali giliran, mereka harus menunggu waktu 10 hari untuk bisa ambil bagian mencari penumpang untuk jurusan Puruk Cahu-Muara Teweh.

"Dengan jumlah armada yang banyak serta ditambah lamanya menunggu jadwal trayek membuat kami harus memutar otak mencari kerjaan sampingan, apalagi kalau saat giliran tiba jumlah penumpang sedikit pendapatan kami hampir tidak ada," ungkap Hasan warga Desa Juking Pajang, Kecamatan Murung saat ditemui Borneonews di lokasi, Jumat (21/4/2017).

Menurut Hasan, dengan semakin baiknya akses jalan darat sekarang secara tidak langsung pengguna armada sungai akan beralih ke jalur darat karena lebih mudah serta cepat.

"Kami menyadari armada sungai banyak kekurangan, tatapi bagi kami yang sudah berahun-tahun menekuni pekerjaan ini sangat berat untuk beralih profesi karena hampir tidak ada lagi lapangan pekerjaan yang lebih menjanjikan untuk bisa mencukupi kebutuhan sehar-hari," sebut Hasan lagi. (SUPRIADI/B-8)

Berita Terbaru