Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banggai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harga Mahal, Udang Lipan Jadi Buruan Utama Nelayan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 21 April 2017 - 16:06 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Saat ini, nelayan yang berada di Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) sedang giat-giatnya memburu udang lipan atau dikenal masyarakat sekitar udang kepek.

Pasalnya, saat ini udang jenis udang itu harganya tinggi, laku keras dan permintaan dari para pengepul cukup tinggi. Hal itu membuat nelayan berlomba-lomba untuk mencari udang jenis tersebut.

'Harga per ekor saja Rp30 ribu hingga Rp40 ribu, jadi itulah yang membuat nelyan sangat memburu udang tersebut,' ujar Pelaksana Tugas Kepala Desa Ujung Pandaran Muslih kepada Borneonews, Jumat (21/4/2017).

Menurut Muslih, harga udang lipan yang sangat tinggi, dibandingkan harga hasil laut lainnya. Untuk penjualannya, nelayan tidak terlalu khawatir karena udang tersebut sudah banyak pengepul yang memesan. 'Pembelinya sudah ada yang nunggu, jadi setiap kali nelayan menepi membawa udang tersebut, maka akan langsung habis terjual,' kata Muslih.

Ia menjelaskan perburuan udang lipan itu terjadi sekitar dua bulan belakangan. Sebab para nelayan baru mengetahui bahwa udang tersebut sangat mahal dijual.

'Kalau dulu mereka mengira udang kepek atau lipan itu tidak bisa dimakan, sehingga kalau tersangkut di jaring langsung mereka buang saja kelaut. Namun saat ini mereka kembali memburu udang tersebut,' terang Muslih. (MUHAMMAD HAMIM/B-8)

Berita Terbaru