Selasa, 27 Juni 2017
 

 
Kapuas
 

Jalan Rusak

Jalan Rusak Parah! Kades Keluarkan Surat Sakti

 
 
Muatan truk dengan tonase 8melebihi kapasitas kemampuan jalan semakin memperparah kerusakan jalan

Muatan truk dengan tonase 8melebihi kapasitas kemampuan jalan semakin memperparah kerusakan jalan

Borneonews / Djimmy Napoleon

BORNEO NEWS, Kuala Kapuas - Kerusakan Jalan Poros Panglima Kapang, Desa Palampai, Kecamatan Kapuas Barat membuat Kepala Desa (Kades) Palampai mengeluarkan surat sakti berisi pungutan untuk perbaikan jalan.

"Saya mengelurkan surat, untuk pungutan kepada pengendara roda dua maupun roda empat yang melintas dan itu sudah kami musyawarahkan dengan BPD (Badan Permusyawaratan Desa),"kata Kades Palampai Yanir saat dihubungi Borneonews, Jumat(21/4/2017).

Ia mengaku geram, pasalnya jalan sapanjang 7 kilometer itu hancur bak kubangan lumpur saat kondisi hujan. Kondisi ini diperparah dengan angkutan truk pemuat kayu halaban yang melebih kapasitas kemampuan jalan. Truk-truk itu biasa mengangkut beban di atas 8 ton.

Yanir mengakui, bahwa ada nominal yang tertulis di dalam surat tersebut. Yakni, besaran pungutan Rp50 ribu untuk mobil pikap, truk, mobil box dan mobil biasa. Kemudian, untuk pengendara roda dua tidak ditentukan nominal retribusinya. Jadi, untuk roda dua lebih pada kerelaan memberikan sumbangan.

"Memang kebijakan ini kami buat, sebab kondisi jalan semakian hari semakin memprihatinkan. Banyak keluhan warga dan sering terjadi kecelakaan maka kami berinisiatif melakuan pungutan tersebut," terang Yanir.

Selain itu, kata dia, tindakan itu juga upaya desa untuk menarik perhatian pemerintah. Sehingga, melalui dinas terkait bisa memperhatikan perbaikan jalan tersebut. "Sudah ada pemberitahuan bahwa kemungkinan sekitar bulan Juni baru bisa di kerjakan," kata dia. (DJIMMY NAPOLEON/B-8)

BERITA POPULER

Meninggal Karena Sakit

Facebook

 
UCAPAN SELAMAT LAINNYA
To Top