Selasa, 22 Agustus 2017
 

 
Kotawaringin Barat
 

Program Keluarga Harapan

Warga Kobar dapat Bantuan dari Program Keluarga Harapan

 
 

Borneonews / Cecep Herdi

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sebanyak 2.973 warga tidak mampu yang tersebar di enam kecamatan di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mendapat bantuan biaya dari Program Keluarga Harapan. Mereka masing-masing mendapat biaya yang bervariasi sesuai kriteria yang ditetapkan pemerintah.

"Program keluarga harapan ini sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 2013. Kini di Kabupaten Kobar sudah sebanyak 2.673 jiwa yang masuk ke daftar penerima bantuan," kata Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kobar, Gusti Nur Aini kepada Borneonews, Jumat (21/4/2017).

Ia menjelaskankan klasifikasi penerima yakni kamu perempuan khususnya ibu-ibu hamil atau pasca melahirkan dengan syarat mereka termasuk keluarga tidak mampu. "Biaya persalinan dan pasca melahirkan hingga anaknya yang dilahirkan juga mendapat bantuan, dengan syarat mereka tidak mampu dan sudah terdaftar di pemerintah pusat untuk mendapat bantuan program keluarga harapan ini," ujarnya.

Ia mengatakan program ini akan berjalan selama tujuh tahun. Untuk penyalurannya sendiri, bantuan diberika pemerintah pusat melalui kantor pos. "Program ini merupakan program pemerintah pusat, anggarannya dikucurkan dari dana APBN melalui kantor pos. "Tiap kecamatan sudah mendapatkan," kata Nur Aini.

Ia juga menerangkan, ada tenaga pendamping yang setiap harinya memantau warga yang menerima bantuan ini. Warga yang menerima bantuan akan dievaluasi tiap tahunnya. Jika yang tadinya termasuk warga tidak mampu dan kemudian taraf hidupnya sudah meningkat maka dia akan dihapus dari daftar penerima dan di alihkan ke warga lain yang tidak mempundan belum masuk daftar pemerima. "Ada tenaga pendamping yang mengevaluasi," tutupnya. (CECEP HERDI/B-8)

BERITA POPULER

Facebook

 
UCAPAN SELAMAT LAINNYA
To Top