Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Membrano Raya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kartini Berperan Besar dalam Memperjuangkan Kesetaraan Gender

  • Oleh Nazir Amin
  • 21 April 2017 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Kudus - Rektor Universitas Muria Kudus (UMK) Suparnyo mengemukakan, Raden Ajeng Kartini memiliki peran sangat besar dalam memperjuangkan kesetaraan di Tanah Air. Yang tidak boleh dilupakan dari Kartini, ia tidak membeda-bedakan seseorang apakah dari kalangan bangsawan atau bukan.

"Kartini memandang semua orang itu sama. Ini juga sifat yang perlu kita teladani,'' tutur Suparnyo dalam peringatan Hari Kartini yang digelar Pusat Study Gender (PSG) Universitas Muria Kudus (UMK), di depan Kantor Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK), Jumat (21/4/2017).

Saat ini, Suparnyo mengemukakan, diskriminasi di Indonesia semakin terkikis. Persamaan hak dan kesetaraan gender menjadi fakta yang tidak bisa diingkari. "Laki-laki dan perempuan itu sama, maka perempuan jangan minder dengan laki-laki," tegasnya di depan para mahasiswa, dosen dan karyawan yang hadir.

Di akhir sambutannya, Rektor UMK Suparnyo membaca puisi Putri Ksatria' karya Pauline Angelina.

Selain rektor, sejumlah pimpinan di lingkungan UMK menghadiri acara tahunan itu. Antara lain, Wakil Rektor III Rochmad Winarso, Wakil Rektor IV Subarkah, Dekan Fakultas Teknik Mohammad Dahlan, dan Dekan Fakultas Ekonomi Mohammad Edris.

Para dosen dan pegawai perempuan pada peringatan Hari Kartini ini, juga nampak berbeda dari biasanya. Mereka tidak mengenakan seragam atau busana kerja, melainkan berkebaya khas Jawa, yang menambah anggun nan rupawan.

Ketua PSG UMK, Sri Utaminingsih, mengatakan, peringatan Hari Kartini 2017, memang digelar sederhana, dengan meneguhkan komitmen bersama Mewujudkan Keadilan dan Kesetaraan Gender serta Kampus Berbasis Kearifan Lokal'.

"Semangat Kartini semoga terpatri dalam sanubari kita semua. Kartini berjuang tidak hanya untuk kaum perempuan, namun untuk bangsa ini, untuk laki-laki maupun perempuan,'' katanya. (HUMAS UMK/*/N).

Berita Terbaru