Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerintah Pusat Harus Siapkan Anggaran Persiapan Pemindahan Ibukota ke Kalteng

  • Oleh Abdul Gofur
  • 21 April 2017 - 22:04 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Pemerintah pusat diminta memperhatikan persiapan rencana pemindahan ibukota pemerintahan RI ke Provinsi Kalimantan Tengah.

"Harapan kita sementara ini, yang terpenting sementara proses pemindahan terjadi, kalau bisa pemerintah pusat mulai saat ini memperhatikan besaran anggaran yang bisa diberikan untuk Pemkab Katingan khususnya dan Palangkaraya dan Gunung Mas," ujar Sekda Katingan, Nikodemus, Jumat (21/4/2017).

Sekda mengatakan jika anggaran porsinya diperbesar dulu untuk persiapan diri. "Jadi jangan nanti langsung pindah, sementara pemda belum siap apa-apa," katanya.

Sekda menggambarkan, misalnya diberikan dalam bentuk DAK kusus rencana ibukota pemerintah itu, sehingga nantinya daerah bisa mempersiapkan terkait penggunaannya, yang tentunya untuk persiapan.

Nikodemus mengatakan lahan yang disiapkan untuk rencana pemindahan Ibukota Indonesia ke Kalteng, khususnya di Katingan, itu lokasinya sejauh ini aman dari bencana banjir dan lainnya.

"Yang jelas lahan yang ada datar, ada sedikit rawa, sedikit bergambut, dan ada sedikit lahan berpasir serta aman dari bencana banjir," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru