Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harga Karet di Kuala Kapuas Turun

  • Oleh Hamdi
  • 22 April 2017 - 16:34 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Harga karet di Kuala Kapuas mengalami penurunan satu pekan terakhir. Kondisi ini banyak dikeluhkan para petani karet.

Menurut salah satu petani karet, Moneri, harga karet dalam sepekan terakhir turun hanya dihargai Rp5 ribu per kilogramnya. Padahal sebelumnya harga karet masih Rp10 ribu per kilogramnya alias turun 50%. "Hal ini disebabkan musim hujan, sehingga produksi karet tidak stabil," ungkap Moneri saat ditemui Borneonews di kebunnya, Sabtu (22/4/2017)

Ia melanjutkan, jika hujan terus mengguyur, maka para petani karet akan menemui kendala. Sebab karet tidak bisa disadap. Meski petani nekat menyadap, getah di pohon tidak akan menetes. "Itulah kendala utama kita, para petani karet ini," imbuh dia.

Menurut Moneri, saat terbaik untuk menyadap karet yakni di pagi hari saat tidak turun hujan. Sebab, hasil karet akan melimpah pada saat seperti itu.

Moneri berharap, harga karet bisa kembali stabil seperti biasanya, karena banyak dari pedesaan yang pekerjaan utamanya sebagai petani karet. (HAMDI/B-8)

Berita Terbaru