Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Seruyan Programkan Gerakan Satu Rumah Satu Jumantik

  • Oleh Parnen
  • 23 April 2017 - 09:16 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang- Pemkab Seruyan mulai melakukan upaya pencegahan dan pengendalian demam berdarah dengue (DBD). Salah satunya melalui program Gerakan Satu Rumah Satu Jumantik. Jumantik adalah kependekan dari juru pemantau jentik.

Melalui program itu, Pemkab Seruyan ingin masyarakat terlibat dan peduli dengan pencegahan DBD. "Melalui gerakan itu, masyarakat dalam setiap keluarga dilibatkan dalam melakukan pemantauan dan pemeriksaan jentik nyamuk. Di mana belum lama ini, kita sudah melakukan penyerahan jumantik kita dan kelambu kepada seluruh camat di Seruyan secara simbolis," kata Bupati Seruyan Sudarsono, Minggu (23/4/2017).

Bupati meminta, melalui gerakan itu semua pihak terkait dapat mendukung dan bekerjasama, terutama dalam memberantas sarang nyamuk. "Masalah kesehatan ini merupakan tanggung jawab bersama setiap individu, baik itu masyarakat, pemerintah daerah, kalangan swasta, dan Dinas Kesehatan yang merupakan sektor terdepan yang bertanggung jawab dalam masalah kesehatan," ujarnya.

Bupati melanjutkan, DBD menjadi salah satu prioritas nasional pengendalian penyakit menular di Indonesia. Sehingga upaya pengendalian penyakit tersebut perlu ditingkatkan. Mengingat obat dan vaksin untuk penyakit DBD hingga saat ini belum tersedia dan daerah penyebarannya juga terus bertambah. (PARNEN/B-3)

Berita Terbaru