Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Badung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Realisasi PAD Barito Selatan Triwulan Pertama hanya 8,95 Persen

  • Oleh Uriutu
  • 24 April 2017 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD), Barito Selatan (Barsel), pada triwulan pertama hanya 8,95 persen.

Kabid Penagihan Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Barsel, Selviriyatmi mengatakan, realisasi PAD Triwulan I hanya Rp4 miliar atau 8,95 persen dari target Rp55,6 miliar.

Rendahnya penerimaan PAD tersebut, lanjut dia, dikarenakan antara lain perubahan perda pajak sarang burung walet dan pajak pengambilan bahan galian golongan C. "Pajak walet ini baru terealisasi 0,22 persen dari target Rp 1,89 miliar," kata Selviriyatmi kepada Borneonews, Senin (24/4/2017).

Untuk pajak pengambilan bahan golongan C, lanjut dia, terealisasi 62,37 persen atau Rp192 juta dari target Rp 8,1 miliar.  Sedangkan untuk pajak sarang walet, pihaknya terkendala perubahan perda-nya yang sampai saat ini masih belum turun.

Dalam perda baru itu, lanjut dia, pengusaha walet ini hanyar bayar pajaknya 2,5 persen dari total hasil produksi. Sedang kan, untuk perda lama yakni pengusaha bayar 10 persen dari hasil produksi. "Pengusaha sarang walet masih enggan bayar pajak kalau memakai perda yang lama. Mereka menunggu perda yang baru," jelas dia.

Padahal lanjut dia, dalam ketentuan apabila Perda perubahan belum keluar otomatis masih memakai perda lama. Namun, karena tak ingin bersitegang dengan para pemilik sarang burung walet maka pihaknyamenunggu sampai Perda perubaha itu turun. (URIUTU DJAPER/B-10).

Berita Terbaru