Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Semarang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Umat Hindu Kaharingan Apresiasi Safari Dharma Santi di Katingan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 24 April 2017 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Umat Hindu Kaharingan di Kabupaten Katingan menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah setempat. Pemerintah daerah dinilai peduli terhadap umat beragama di Kabupaten Katingan, termasuk Agama Hindu Kaharingan.

"Sejak Katingan dimekarkan jadi kabupaten tahun 2002 yang lalu, ini adalah baru yang ketiga kalinya Safari Dharma Santi dilakukan, yaitu mulai tahun 2015, 2016 dan 2017 ini," kata Yuas Elko, pengurus Majelis Daerah Hindu Kaharingan Kabupaten Katingan, Senin (24/4/2017).

Menurut Yuas Elko yang juga Sekretaris BPMdes Kabupaten Katingan ini, atas nama Majelis Daerah Hindu Kaharingan, dan Umat Kaharingan yang ada di Kabupaten Katingan, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada Bupati Ahmad Yantenglie dan Pemerintah Daerah Kabupaten Katingan yang telah memiliki kepedulian kepada umat Kaharingan melalui program Safari Dharma Santi.

"Makna Nyepi adalah kegiatan yang dilakukan oleh Umat Hindu tujuannya untuk melakukan instrospeksi diri yang dilaksanakan dengan catur brata, yaitu empat hal yang dilakukan, Amati Geni atau tidak menyalakan api, Amati Karya (tidak melakukan kegiatan atau pekerjaan, Amati Lelonggan atau tidak melaksanakan bepergian, atau tidak melakukan hal-hal yang bersifat kesenangan.

Kepada umat Kaharingan yang ada di daerah atau majelis resot, pihaknya, kata Yuas Elko selaku penggurus majelis ia meminta maaf jika selama ini koordinasi yang dibangun masih dirasakan kurang.

"Kami dari Majelis Daerah Hindu Kaharingan menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Nyepi tahun saka 1939 Mohon Maaf Lahir dan Batin semoga Ranying Hatala Langit selalu menyertai kita," imbuh Yuas Elko. (ABDUL GOFUR/B-10)

Berita Terbaru