Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Dompu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kades di Kapuas Tunggu Rekomendasi Camat Cairkan Dana Desa

  • Oleh Hamdi
  • 24 April 2017 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Sebanyak 214 desa di Kabupaten Kapuas hingga saat ini belum mengajukkan pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD).

Kabid Pemerintahan Desa dan Kelurahan, Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMDes) Kabupaten Kapuas,  Jhon Pita Kadang, mengatakan para kepala desa masih mengurus rekomendasi dari kecamatan, karena saat ini rekomendasi cukup dari camat saja.

"Yang jelas tenggang waktunya masih cukup, sebab paling lambat akhir Juli sudah harus diajukan setelah SPJ tahap sebelumnya diselesaikan," papar Jhon, senin (24/4) via ponselnya.

Dan untuk ADD tahun ini, lanjutnya, tidak ada peningkatan anggaran. Sementara untuk DD ada kenaikan Rp130-180 juta per desanya. "Yang jelas, baik itu ADD maupun DD bisa diusulkan jika sudah menyelesaikan SPJ tahap sebelumnya, karena itu merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi oleh para kades," tegas Jhon.

Dan untuk proses pencairan, katanya, saat ini lebih mudah karena cukup dengan rekomendasi dari camat saja. Jadi BPMD tidak perlu lagi melakukan verifikasi. (HAMDI/B-10)

Berita Terbaru