Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumenep Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Program e-Desa dan Smart City Hindari Kesenjangan Antar Desa dengan Kota

  • Oleh Parnen
  • 24 April 2017 - 15:30 WIB

Borneonews, Kuala Pembuang - Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Seruyan Ilias menilai, adanya pelaksanaan program e-Desa dan smart city merupakan program yang ke depannya diharapkan tidak ada lagi muncul kesenjangan antara desa dan kota (pusat pemerintahan).

"Melalui kegiatan e-Desa dan smart city yang beberapa hari lalu digelar di Pembuang Hulu, Kecamatan Hanau itu, bisa memberikan masukan dan wawasan tentang jaringan komunikasi desa yang terintegrasi. Sehingga akses komunikasi termasuk akses internet desa bisa terselenggara baik. Program itu, guna menghindari kesenjangan antara desa dan kota menyangkut realisasi program pembangunan secara menyeluruh di Seruyan," kata Ilias di Kuala Pembuang, Senin (24/4/2017).

Ilias melanjutkan, program dengan mengutamakan sistem jaringan aplikasi desa, menurutnya, suatu sistem satu kesatuan yang didalamnya terdapat suatu kompenan dalam bentuk upaya penyampaian informasi secara cepat antar lingkup Pemkab Seruyan.

"Soal data yang memuat atau berisikan tentang data kependudukan yang riil (jumlah) di desa akan dapat diketahui secara cepat dan efesien," ujarnya.

"Pemkab Seruyan melalui program itu, tujuan yang ingin dicapai adalah menciptakan sistem yang terintegrasi ditingkat pemerintahan desa dengan ibukota kabupaten. Sehingga mampu mempersingkat jarak dan waktu dalam hal penyampaian infomasi melalui koneksi jaringan yang berada mulai tingkat desa, kelurahan, kecamatan hingga kabupaten," ungkapnya. (PARNEN/B-5)

Berita Terbaru