Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Kominfo dan Statistik Seruyan Usulkan Program Penyediaan Kotak Pengaduan Informasi Desa dan Kecamatan

  • Oleh Parnen
  • 24 April 2017 - 16:20 WIB

Borneonews, Kuala Pembuang - Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Seruyan, Ilias berpendapat, seiring adanya salah satu tugas dinasnya sebagai corong pemerintah berkaitan pengumpulan dan penyebarluasan informasi berkenaan kegiatan pembangunan daerah, ia mengusulkan perlunya penyediaan kotak pengaduan informasi di tiap desa, kelurahan, hingga kecamatan.

"Melalui adanya program e-desa itu, sangat perlu adanya keterbukaan informasi seputar desa hingga bisa diakses ditingkat perkotaan (kabupaten). Sehingga oleh Pemkab Seruyan dapat jauh lebih cepat mengetahui apa yang tengah terjadi atau suasana terkini ditingkat pedesaan khususnya," kata Ilias di Kuala Pembuang, Senin (24/4/2017).

Berkenaan usulan kotak pengaduan yang dia maksud, bisa disampaikan langsung baik oleh warga desa ataupun aparatur pemerintah desa yang bersangkutan secara langsung melalui sistem aplikasi desa yang dimiliki.

"Rencana program ini saya menilai sangat penting untuk dilaksankan oleh semua desa di wilayah Seruyan. Sebab sangat membantu sekali bagi pemkab dalam upaya menjaring atau mengetahui apa saja sih sebenarnya misal masalah yang terjadi di lingkungan pedesaan," ujarnya.

Ilias menambahkan, penyediaan atau pembuatan kotak pengaduan seputar informasi desa tersebut, akan coba digagas pihaknya untuk bisa terealisasi.

"Itu juga merupakan bentuk suatu layanan kegiatan berkenaan soal keterbukaan informasi. Dimana rencananya nanti, setiap minggunya, desa diwajibkan rutin memberikan laporan perkembangan desanya ke pemerintah daerah untuk bisa mendapat perhatian dan tindaklanjut pemecahan masalah yang terjadi di desa," ungkapnya. (PARNEN/B-5)

Berita Terbaru