Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toli-Toli Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Barito Selatan Ingatkan Warga Waspada terhadap Gigitan Anjing

  • Oleh Uriutu
  • 24 April 2017 - 16:26 WIB

BORNEONEWS, Buntok ' Dinas Kesehatan (Dinkes) Barito Selatan (Barsel) mengingatkan warga waspada terhadap gigitan anjing.

Kadis Dinkes Barsel Daryomo Sukiastono mengatakan, berdasarkan laporan pemeriksaan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Peternakan (DKPPP) Barsel terhadap tujuh spesimen kepala anjing dari tahun 2014 dua di antaranya positif terkena rabies.

Sedangkan hasil pemeriksaan spesimen kepala anjing tahun 2015, lanjut dia, satu ekor anjing positif terkena rabies.

Serta kasus gigitan paling banyak terjadi di wilayah kecamatan Gunung Bintang Awai (GBA) dan sebagian di kecamatan Dusun Utara (Dus-ut).

'Meski tidak ada korban yang meninggal dunia akibat rabies, namun kasus gigitan 2016 sampai Maret 2017 tercatat sebanyak 64 gigitan. Untuk itu kita menghimbau kepada masyarakat untuk waspada terhadap gigitan anjing,' kata Daryomo Sukiastono kepada Borneonews, Senin (24/4/2017).

Menurutnya, tindakan pertama yang harus dilakukan manakala digigit anjing, kucing atau kera adalah mencuci bekas gigitan dengan deterjen dan air mengalir selama lima belas menit.

Setelah dicuci, lanjut dia, kemudian diberi alkohol atau antiseptik. Selanjutnya memeriksakan diri ke pelayanan kesehatan. 'Korban gigitan akan ditangani petugas kesehatan sesuai dengan protap dan akan diberi Vaksin Anti Rabies (VAR),' ucap dia. (URIUTU DJAPER/B-5)


TAGS:

Berita Terbaru