Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bulungan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kenali Gejala Rabies pada Manusia Pasca Digigit Anjing

  • Oleh Uriutu
  • 24 April 2017 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Buntok ' Kenali gejala rabies pada manusia pasca digigit binatang seperti anjing.

Hal tersebut diungkapkan, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Barito Selatan (Barsel), Daryomo Sukiastono kepada Borneonews. Senin (24/4/2017).

Yomi, sapaan akrabnya mengatakan, gejala rabies yang dapat dilihat manakala ada korban gigitan satwa mengalami sakit kepala, lesu, mual, nafsu makan berkurang, gugup dan nyeri bila ditekan pada bekas luka gigitan.

'Gejala yang khas adalah rasa takut pada air berlebihan, kejang-kejang yang disusul dengan kelumpuhan,' jelas dia.

Menurutnya, tindakan pertama yang harus dilakukan manakala digigit anjing, kucing atau kera adalah mencuci bekas gigitan dengan deterjen dan air mengalir selama lima belas menit.

Setelah dicuci, lanjut dia, kemudian diberi alkohol atau antiseptik. Selanjutnya memeriksakan diri ke pelayanan kesehatan. Ia menambahkan, pihaknya bersama Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Peternakan (DKPPP) tak henti-hentinya memberi penyuluhan dan sosialisasi secara rutin kepada masyarakat, terutama di wilayah terjadinya kasus gigitan anjing.

'Hal itu dilakukan agar masyarakat mengetahui bahayanya sehingga tidak meremehkan gigitan anjing, kucing atau kera karena menyebabkan terkena rabies yang bisa merenggut nyawa,' jelas dia. (URIUTU DJAPER/B-5)


TAGS:

Berita Terbaru