Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Begini Kinerja BPBD Kobar saat Tangani Bencana

  • Oleh Wahyu Krida
  • 25 April 2017 - 13:24 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pascamendapatkan informasi bencana, apa yang dilakukan anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin barat (Kobar) untuk membantu masyarakat

Kasi Pencegahan BPBD Kobar Fahrul Laji mengatakan, untukl mengetahui kondisi di lapangan secara riil dan menentukan langkah apa yang harus diambil, biasanya pihaknya mengirimkan tim reaksi cepat.

"Anggota tim ini adalah seluruh staf BPBD Kobar. Biasanya menindaklanjuti laporan yang masuk secepat mungkin, staf yang piket langsung bergerak ke lokasi kejadian menggunakan kendaraan yang dimungkinkan untuk mendatangi lokasi tersebut," ujarnya.

Setelah berhasil mendatangi lokasi bencana, tim kemudian memberikan laporan kepada staf BPBD Kobar yang bertugas memonitor keadaan di kantor melalui peralatan radio. "Biasanya anggota tim reaksi cepat BPBD Kobar melaporkan kondisi terakhir, apakah ada korban, peralatan apa yang wajib dibawa ke lokasi bencana dan lainnya," terang Fahrul.

Terkadang, lanjutnya, bisa saja anggota tim reaksi cepat yang bergerak ke lokasi bencana langsung membawa peralatan yang dibutuhkan. "Karena dari laporan bencana oleh perangkat desa yang masuk ke petugas piket, mereka juga memberitahukan peralatan pertolongan apa yang harus dibawa, misalnya perahu karet untuk evakuasi cepat masyarakat yang tempat tinggalnya terjebak banjir," ujarnya. (WAHYU KRIDA/B-2)

Berita Terbaru