Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Depok Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masih Ada Penderita HIV/AIDS Stadium Satu Berhubugan Seksual dengan Pasangan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 25 April 2017 - 14:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Hingga saat ini penyakit HIV/AIDS masih menjadi momok menakutkan bagi seluruh umat manusia, karena tidak ada obat yang mampu menyembuhkannya. Di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) sendiri saat ini cukup banyak yang menderita penyakit tersebut. Bahkan, penderita penyakit HIV stadium satu masih banyak yang tidak sadar, dan masih melakukan hubungan intim dengan pasangannya.

'Untuk penderita HIV stadium satu belum ada gejalanya yang terllihat, sehingga kehidupannya seperti orang normal, dan aktif dalam melakukan hubungan seksual,' ujar Kepala Dinas Kesehatan Faisal Novendra Cahyanto, Selasa (25/4/2017).

Sehingga hal itu sangat rawan membuat pasangan seksual terjangkit. Namun kalau sudah masuk stadium dua, maka gejala sudah mulai terlihat, seperti bibir pecah-pecah atau sariawan, mencret, dan rambut berketombe.

Penyakit mematikan tersebut akan kembali terlihat setelah memasuki stadium tiga, yakni badan mulai kurus dan tubuh terasa panas.

'Dengan adanya hal itulah, pentingnya melakukan cek up ke dokter. Sehingga dapat diketahui apakah mengindap penyakit tersebut atau tidak,' kata Faisal.

Faisal menerangkan, saat ini tidak ada obat yang bisa menyembuhkan HIV/AIDS. Namun untuk menahan agar tetap bisa hidup, ada obatnya, dengan meminum antiretroviral.

Untuk pemeriksaan penderita HIV/AIDS, nama penderita yang terinfeksi tidak boleh dibuka ke publik.

'Tak boleh dibuka data siapa nama penderita HIV. Dalam pemeriksaan pun pakai kode, kalau ada yang terinfeksi maka langsung ditelurlsuri,' ungkapnya.

Pencegahan untuk penularan HIV/AIDS ini, terus dilakukan. Seperti di rumah sakit, ampah jarum harus dimusnahkan tak boleh dibuang begitu saja. Metode yang kerap disosialisasikan untuk pencegahan HIV/AIDS ini adalah metode ABCDE. Yaitu Abstinence atau puasa seks, Be Faithful atau setia, Condom atau menggunakan kondom saat berhubungan badan, Drugs atau menjauhi narkoba dan tidak menggunakan jarum suntik secara bergantian. Serta Education atau Pendidikan, yaitu mengikuti penyuluhan kesehatan tentang hal-hal yang berkaitan dengan HIV/AIDS. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru