Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Malinau Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Udang Lipan Diekspor Keluar Negeri

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 25 April 2017 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Tingginya harga udang lipan atau dikenal nelayan Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit, kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) udang kepek, ternyata tidak hanya di kirim keluar daerah saja, namun juga diekspor keluar negeri.

'Iya udang kepek ini dikirim keluar negeri, seperti Hongkong dan Malaysia,' ujar PLT Kades Ujung Pandaran Muslih, Selasa (25/4/2017).

Untuk pengiriman udang lipan tersebut sendiri dilakukan oleh pengepul ikan yang ada di daerah ini, bukan dari para nelayan langsung. Di mana para pengepul ini langsung datang ke desa tersebut untuk membeli udang yang masih hidup dengan Rp30 ribu, sedangkan yang sudah mati Rp15 ribu per ekornya.

Pengiriman udang tersebut keluar negeri baru dalam dua bilan terakhir saja. Hal itu terjadi karena selama ini para nelayan tidak mengetahui bahwa udang kepek bisa dimakan dan bernilai jual tinggi. Sehingga pada saat tertanhgkap, maka langsug mereka buan.

'Iya baru saja para nelayan tahu bahwa udang tersebut berdaya jual tinggi, sehingga saat ini mereka terus berlomba-lomba untuk memburu udang tersebut, tanpa mengenyampingkan ikan lainnya,' terang Muslih.

Untuk rasa dari udang tersebut diakuinya sangatlah enak dan gurih. Bahkan beda dengan rasa udang-udang lain yang pernah mereka tangkap.

Dengan keadaan seperti itu, para nelayan sangat bersyukur, paling tidak bisa menambah penghasilan merek yang hanya bekerja sebagai penangkap ikan di desa tersebut. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru