Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gunung Kidul Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Nyepi Memiliki Arti Renungkan Hakikat dan Makna Kehidupan

  • Oleh Ramadani
  • 25 April 2017 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Umat Hindu Kaharingan Kabupaten Barito Utara memperingati Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1939 di Balai Basarah, Jalan Taluk Mayang, Kota Muara Teweh, Selasa (25/4/2017).

Bupati Barito Utara Nadalsyah dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten II Setda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Jufriansyah, menuturkan bahwa Hari Raya Nyepi memiliki arti penting bagi umat Hindu, yakni untuk merenungkan hakekat dan makna kehidupan di alam fana ini.

'Nyepi merupakan sarana intropeksi dan sarana evaluasi diri untuk membersihkan jiwa dari segala bentuk perilaku yang tidak baik, pikiran yang tidak jernih, dan perkataan yang tidak pada tempatnya,' kata dia.

Nyepi juga merupakan sarana untuk menciptakan kedamaian, ketentraman, dan harmoni. Ketiga hal itu tentu tidak datang dengan sendirinya di tengah kemajemukan. Tetapi harus dihadirkan, dirawat, dan dilestarikan.

'Melalui peringatan Hari Raya Nyepi umat Hindu juga dapat lebih mendekatkan diri kepada Tuhan sekaligus membangun hubungan yang harmonis, baik antara manusia dan Tuhan, antara manusia dan lingkungan, maupun antarmanusia. Melalui hubungan harmonis yang berdimensi vertikal dan horizontal itu akan melahirkan kehidupan yang aman, tentram, dan kehidupan yang damai di muka bumi ini,' sebutnya.

Bupati juga berharap, pada Hari Raya Nyepi tahun ini kehidupan antara umat beragama di Kabupaten Barito Utara dapat terjaga dengan baik dan senantiasa harmonis serta berdampingan demi mewujudkan Barito Utara yang lestari dan sejahtera.

'Melalui moment perayaan Nyepi tahun 2017 ini saya mengajak kepada semua umat Hindu Kaharingan, marilah kita bersama sama bahu-membahu membangun Barito Utara yang kita cintai ini. Sehingga yang menjadi visi dan misi Pemkab Barito Utara dapat segera terealisasi,' pintanya. (RAMADHANI/B-3)


TAGS:

Berita Terbaru