Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tana Tidung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disdukcapil Kapuas Target Realisasikan 62 Ribu Kartu Identitas Anak

  • 25 April 2017 - 20:26 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kapuas menargetkan 62 ribu kartu identitas anak (KIA) bisa terealisasi setidaknya 50% tahun ini. 

"Untuk merealisasikan pencapaian target KIA 2017, kami akan menjajaki kerja sama kembali dengan pihak sekolah, baik tingkat PAUD, TK, SD dan SMP. Setidaknya 50% dari target yang ada untuk menghabiskan 62 ribu kartu identitas anak yang diberikan dari pusat," kata Sipie S Bungai, Kabid Pelayanan dan Pendaftaran Disdukcapil Kabupaten Kapuas Selasa (25/4/2017).

Sipie menjelaskan, pada 2016, pihaknya baru mencetak 14 ribu lembar KIA. Karena itu pihaknya akan menggenjot agar KIA bisa dicetak di kecamatan-kecamatan untuk mencapai target KIA 80% sebagaimana ditetapkan pemerintah.

Namun, Sipie mengungkapkan, banyaknya anak yang belum memiliki akta kelahiran menjadi faktor penghambat realisasi target KIA. "Diperkirakan ada sekitar 40% belum memiliki akta kelahiran. Diiimbau kepada masyarakat agar mengurus akta kelahiran. Sebab KIA terintegrasi dengan nomor regeister pada akta kelahiran," bebenya. (DJIMMY NAPOLEON/B-10)

Berita Terbaru