Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanjung Jabung Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Beasiswa Dihapus, Mahasiswa Tagih Janji Visi Misi Pemkab

  • Oleh James Donny
  • 25 April 2017 - 19:58 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Tidak ada lagi beasiswa untuk mahasiswa yang disediakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulang Pisau membuat para mahasiswa asal Pulang Pisau kecewa. Menurut Muhammad Abdul Salim mahasiswa asal Pulang Pisau yang kuliah di Jurusan Ilmu Pemerintahan di Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin mengatakan pihaknya akan terus menagih visi misi yang dijanjikan oleh Pemerintah Daerah.

"Dalam visi dan misinya kan sudah jelas bahwa pemerintah ingin meningkatkan kualitas pendidikan melalui peningkatan sumber daya manusia, tapi faktanya anggaran untuk beasiswa malah dihapus," katanya saat berada di Pulang Pisau beberapa waktu lalu.

Menurutnya langkah Pemkab Pulang Pisau meniadakan beasiswa tersebut tidak sejalan dengan amanat Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 31 Ayat 4, bahwa dalam anggaran APBN maupun APBD, Pemerintah untuk dapat memenuhi kebutuhan penyelenggaraan pendidikan. "Kami menagih janji supaya dikoreksi lagi, dan supaya pemerintah berpihak kepada mashasiswa karena ini termasuk visinya bupati," ujar M Abdul Salim.

Dia mengatakan bahwa pihaknya juga sudah melakukan kroscek ke Badan Pendapatan Daerah Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Pulang Pisau untuk melihat apakah ada penganggaran untuk beasiswa atau tidak. "Setalah dicek ternyata tidak ada sama sekali," ujarnya.

Harapannya dengan mendatangi DPRD, mahasiswa yang tidak mampu dan yang berprestasi mendapatkan bantuan dari Pemerintah Daerah untuk tugas akhir seperti skripsi, tesis atau disertasi. Sementara DPRD Kabupaten Pulang Pisau dan Komisi I berjanji akan menindaklanjut masalah tersebut dan akan ada lagi pertemuan lanjutan dengan bupati. "2-3 bulan kedepan ini akan kita follow up, dan kita kawal hingga ada jawaban pasti," pungkasnya.(JAMES DONNY/B-8)

Berita Terbaru