Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Minat Baca Pelajar di Sukamara Masih Rendah

  • Oleh Norhasanah
  • 26 April 2017 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Sukamara ' Ketua Forum Taman Baca Masyarakat Yogyakarta, Muhsin Kalida menilai minat baca pelajar di Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah, terbilang masih rendah. Kondisi itulah yang antara lain mempengaruhi rendahnya minat, dan kemampuan menulis para pelajar di wilayah Bupati Ahmad Dirmah tersebut.

'Saya lihat memang untuk minat baca siswa di Sukamara memang masih rendah. Apabila minat membacanya sudah tinggi maka minat untuk menulis para siswa akan tinggi,' kata Muhsin Kalida saat menjadi narasumber pada kegiatan Workshop Jurnalis Siswa yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Sukamara, di SMKN 1 Sukamara, Rabu (26/4/2017).

Menurut Muhsin, dalam meningkatkan minat baca, Dinas Perpustakaan Sukamara sudah banyak melakukan gerakan, salah satunya kegiatan Workshop yang digelar saat ini. Namun, kegiatan harus terus ditingkatkan agar program-program perpustakaan yakni masyarakat gemar membaca bisa terlaksana dengan baik.

'Kegiatan ini memang harus dilaksanakan secara merata hingga ke pelosok, agar masyarakat yang ada di perdesaan juga memiliki minat baca tinggi,' katanya.

Untuk menumbuhkan minat baca masyarakat terutama kalangan pelajar, perlu didukung dengan ketersedian bahan bacaan yang lengkap di perpustakaan, agar pemustaka tidak bosan berkunjung ke perpustakaan karena buku yang disediakan sudah lengkap.

'Selain itu dengan buku yang lengkap para pengunjung juga tidak mengalami kesulitan saat ingin mencari bacaan yang diinginkan,' tuturnya.

Sebelumnya, Plt Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sukamara, Aji Nugraha mengatakan, kegiatan Workshop Jurnalis Siswa bertujuan untuk mengkampanyekan kepada kalangan pelajar untuk gemar membaca buku, baik di perpustakaan sekolah maupun perpustakaan daerah.

'Ini merupakan salah satu program kita, yakni gemar ramai gerakan membaca, dan kita berharap melalui program ini minat baca siswa di SMKN 1 Sukamara semakin meningkat,' kata Aji Nugraha. (NORHASANAH/N).

Berita Terbaru