Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Konawe Kepulauan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

400 PTIS Dituntut Membesarkan Pendidikan Yang Berkualitas

  • Oleh Budi Yulianto
  • 26 April 2017 - 17:34 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Umum Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Islam Swasta (BKS PTIS) Masrurah Mokhtar mengatakan, ada 400 PTIS di Indonesia. Menurutnya, data ini menunjukan bahwa PTIS memiliki potensi yang sangat besar demi mencerdaskan bangsa.

"PTSI perlu mengembangkan ke-Islaman di Indonesia. Kita semua sebagai pengurus mengambil peran dalam membesarkan pendidikan yang berkualitas," kata Masrurah, Rabu (26/4/2017).

Dia menuturkan, kegiatan Rakernas Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Islam Swasta (BKS PTIS) dan Seminar Lokakarya Internasional di Universitas Muhammadiyah, Palangka Raya itu bertujuan untuk memotivasi para dosen PTIS agar menulis dan meneliti sekaligus melahirkan konsep PTIS yang lebih baik, berkaya demi mencerdaska bangsa.

Menurutnya, dari 400 PTIS yang ada, sebagiannya sudah ada yang besar dan bermutu, dan sebagian pula masih belum layak. Dia menyarankan, perlu dilakukan musyawarah untuk memecahkan berbagai persoalan. Kehadiran PTIS sebagai salah satu elemen dalam Sisdiknas dan mempunyai tanggung jawab dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Daya saing PT (perguruan tinggi) secara global adalah salah satu faktor penentu. Persaingan bukan saja dalam level lokal dengan sesama PTIS nasional, tapi juga PT asing yang aksesnya semakin terbuka. Oleh sebab itu, PTIS harus saling mendukung dalam upaya melahirkan SDM yang berkualitas, profesional dan berakhlakul karimah," pungkasnya. (BUDI YULIANTO/B-8)

Berita Terbaru