Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Solok Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jalan Penghubung Desa Tumbang Masukih-Rangan Hiran Terancam Longsor Akibat PETI

  • 26 April 2017 - 21:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Camat Miri Manasa, Kabupaten Gunung Mas, Jhonson Ahmad, menyatakan jalan penghubung Desa Tumbang Masukih menuju Desa Rangan Hiran, terancam longsor akibat kegiatan pertambangan emas. Hal itu harus menjadi perhatian serius Pemkab Gunung Mas supaya transportasi warga tidak terganggu.

"Ada laporan masyarakat di tiga desa, keberatan karena aktivitas PETI (penambangan emas tanpa izin) di pinggir jalan, mengganggu fasilitas umum," ungkap Jhonson kepada wartawan di Kuala Kurun, Rabu (26/4/2017).

Terkait adanya laporan masyarakat, lanjut dia, pihaknya langsung ke lokasi dan melakukan negosiasi dengan masyarakat yang melakukan penambangan emas di pinggir jalan. Pihaknya juga meminta penambang menghentikan kegiatan penambangan emas di kawasan itu.

"Kita ada pendekatan, kemarin saya langsung ke lapangan dan melihat, sekaligus melarang kegiatan menambang emas dan meminta menimbun bekasnya," ucap dia.

Menurut Jhonson, pihaknya turut pula menyampaikan kepada masyarakat agar tidak menambang emas di dekat fasilitas umum dan pinggir sungai. "Di Kecamatan Miri Manasa kurang lebih 70-80 persen mata pencaharian masyarakat yakni PETI," katanya. (EPRA SENTOSA/B-3)

Berita Terbaru