Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manokwari Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Presiden Soroti Perencanaan APBD belum Fokus

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 27 April 2017 - 05:56 WIB

BORNEONEWS, Jakarta ' Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyoroti perencanaan APBD yang dinilainya belum fokus. Penekanan Jokowi juga menyangkut perencanaan APBN sebagian kementerian dan lembaga yang belum fokus pada penanganan masalah prioritas. Buktinya banyak perencanaan alokasi anggaran ke banyak pos dan penganggaran program sekadar rutinitas saja.

"Ini kebiasaan kita. Ini rutinitas, mengulang-ulang. Ya, saya lihat hampir di semua daerah begitu. APBD saya baca, APBN saya baca. Saya ingin ingatkan, kita ini sudah bertahun-tahun. Anggaran kita tidak pernah fokus,' ujar Presiden Jokowi dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2017, di Ruang Rapat Birawa Hotel Bidakara, Jalan Jenderal Gatot Subroto Jakarta Selatan, Rabu (26/4/2017).

Di hadapan seluruh kepala daerah, jajaran menteri Kabinet Kerja dan kepala lembaga negara tersebut, Presiden mengungkapkan, penganggaran yang disusun kepala daerah, kementerian dan lembaga sekadar rutinitas dan tidak berupaya melakukan terobosan. Yang namanya fokus, menurut Jokowi tak lebih dari lima program bahkan kalau bisa fokus di tiga program dalam setahun.

Jokowi mencontohkan, pemerintah pusat kini memprioritaskan pembangunan infrastruktur dan keterbukaan investasi. Dengan demikian, fokus anggaran hanya ke dua program itu selain belanja tetap semisal belanja pegawai dan sebagainya.

Kepala Negara yakin dengan fokus pada tiga program prioritas saja, akan diperoleh hasil dibanding banyak program prioritas yang justru hasilnya juga tidak fokus. 'Tetapi kalau (program) mengulang-ulang, rutinitas saja, hasilnya ya lupakan saja.' (ROZIQIN/N).

Berita Terbaru