Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lynda Kristiane : 21 Tahun Merupakan Usia Ideal Menikah Bagi Perempuan

  • Oleh Supri Adi
  • 27 April 2017 - 16:22 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Masih tingginya pernikahan usia dini di Kabupaten Murung Raya (Mura) mendapat sorotan dari beberapa pihak, Sebab ada indikasi menjadi pemicu bertambahnya angka kemiskinan di kabupaten paling utara Provinsi Kalteng ini.

Menurut Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Mura Lynda Kristiane mengatakan usia pernikahan yang ideal minimal berumur 21 tahun bagi perempuan dan 25 tahun bagi laki-laki.

"Sebab di usia tersebut sudah dianggap matang untuk berpikir, baik memenuhi kebutuhan ataupun menerapkan pola asuh yang baik pada keturunan nanti," sebut Lynda kepada Borneonews di kantornya, Kamis (27/4/2017).

Berdasarkan undang-undang perlindungan anak, lanjut dia, usia 18 tahun masih dikategorikan anak-anak dan belum siap untuk membangun rumah tangga. Sehingga, jika dilihat dari segala aspek, pernikahan diusia dini tidak ada yang menguntungkan, baik dari segi sosial maupun kesehatan, misalnya kekerasan rumah tangga cepat terjadi bila menikah diusia muda.

"Dari segi kesehatan misalnya kanker serviks rata-rata terkena pada orang yang usia dini sudah mengenal seks. Kemudian dia masih usia anak-anak tetapi harus mengurus anak maka secara logika tidak masuk akal," tambah Lynda lagi. (SUPRIADI/B-8)

Berita Terbaru