Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banyuwangi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Indonesia Menempatkan Sektor Pariwisata untuk Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi

  • Oleh Testi Priscilla
  • 27 April 2017 - 16:26 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Indonesia telah menempatkan sektor pariwisata sebagai sektor utama untuk mempercepat dan mengakselerasi pertumbuhan ekonomi. Hal itu diungkapkan Kepala Seksi Internalisasi Sadar Wisata, Kementerian Pariwisata RI Romi Astuti dalam kegiatan Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona yang digelar di kawasan wisata Pelabuhan Kereng Bangkirai, Palangka Raya, Kamis (27/4/2017).

"Tahun 2019 mendatang, sektor pariwisata ditargetkan memberikan kontribusi pada perekonomian nasional sebesar 8 persen, menghasilkan devisa 240 triliun, menciptakan 13 juta lapangan kerja, meraih 20 kunjungan wisatawan mancanegara dan 275 juta pergerakan wisatawan nusantara di Tanah Air," kata Romi di sela-sela aksi bersih-bersih bersama 200 orang peserta Aksi Sapta Pesona.

Ia melanjutkan upaya meningkatkan daya saing pariwisata Indonesia yang masih berada di rangking 50 dunia antara lain dengan memperbaiki kelemahan pada unsur safety and security, health and hygiene, ICT readiness, enviromental sustainability, maupun tourist service infrastructure.

"Oleh karena itu, sinergi Penta Helix yang elemennya terdiri dari pemerintah, akademisi, pelaku bisnis, pers dan komunitas masyarakat, merupakan kunci mengembangkan pariwisata Indonesia," terang dia.

Kegiatan ini dihadiri Anggota DPR RI Komisi X Asdy Narang, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng Guntur Talajan, Wali Kota Palangka Raya HM Riban Satia, Wakil Wali Kota Palangka Raya Mofit Saptono Subagio, dan Kepala Disbudpar Kota Palangka Raya Norma Hikmah. (TESTI PRISCILLA/B-8)

Berita Terbaru