Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Konawe Kepulauan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pelayanan Pengurusan SIM di Satlantas Kobar Kian Nyaman

  • Oleh Cecep Herdi
  • 27 April 2017 - 21:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pelayanan pembuatan dan perpanjangan surat izin mengemudi (SIM) di kantor Satlantas Polres Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) terus dibenahi. Situasi ruang tunggu saat proses pengajuan SIM pun semakin nyaman.

Kini ada beberapa ruangan khusus yang disediakan polisi untuk kenyamanan masyarakat saat menunggu. Seperti ruang khusus ASI untuk ibu-ibu yang tengah menyusui, ruang bermain anak untuk pengaju SIM yang membawa anak-anak, serta area khusus merokok.

"Kami terus berbenah demi memberikan kenyamanan dalam pelayanan kepada pemohon SIM. Peningkatan pelayanan ininjuga untuk uenyesuaikan Standar Operasional Prosedur (SOP) di wilayah Polres Kobar," ujar Kasat Lantas Polres Kobar, AKP Asdini Pratama Putra, Kamis (27/4/2017).

Ia mengatakan, sebelumnya ruang pelayanan SIM ini nampak kusam, sempit, serta kurang nyaman saat menunggu proses pencetakan. "Apalagi, banyak pemohon SIM rata-rata bawa anak-anak. Makankami berinisiatif untuk menyediakan ruang khusus bermain anak luasnya 5x3 meter dilengkapi seluncuran, boneka, serta edukasi baca tulis," katanya.

Ia menjelaskan terkait SOP durasi pembuatan SIM sudah dimaksimalkan selama 1 jam lamanya. Hal itu berdasar PP Nomor 60 tahun 2016 tentang durasi pembuatan SIM A atau C apabila berkas sudah lengkap ujian teori dan prakter maksimal 1 jam. "Untuk prosesnya sendiri kini sudah online, adapun harga untuk pembuatan SIM C baru yakni Rp100 ribu dan perpanjangan Rp75 ribu. Sedangkan untuk SIM A baru Rp120 ribu dan perpanjangan Rp80 ribu," katanya.

Salah seorang pemohon SIM yang ditemui di ruang pelayanan SIM Satlantas Polres Kobar, Ari, mengatakan pelayanan yang disediakan sudah cukup baik. Ia yang membawa anak balitanya tida kerepotan saat menunggu antrean proses pendftaran dan pencetakan SIM.

"Ini bagus karena ada ruang bermain anak, anak-anak tidak rewel saat menunggu kita sedang membuat SIM. Bisa bermain di sana," kata dia. (CECEP HERDI/B-10)

Berita Terbaru