Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nunukan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gerakan Sadar Wisata Dorong Sinergi Pentahelix

  • Oleh Testi Priscilla
  • 27 April 2017 - 17:18 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gerakan Sadar Wisata merupakan salah satu dari 10 program prioritas Kementeriam Pariwisata Republik Indonesia pada tahun 2017. Gerakan ini dicanangkan untuk mendorong sinergi pentahelix. Sehingga menciptakan iklim yang kondusif bagi kepariwisataan Indonesia.

Hal itu diungkapkan Kepala Seksi Internalisasi Sadar Wisata, Kementerian Pariwisata RI Romi Astuti, dalam kegiatan Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona yang digelar di kawasan wisata Kereng Bangkirai, Palangka Raya, Kamis (27/4/2017).

Ia menjelaskan pentahelix merupakan model pengelolaan berbasis lima stakeholder (pemangku kepentingan) yakni businesses, public authorities, civil society, the knowledge sector and capital (Bisnis, otoritas publik, masyarakat sipil, sektor pengetahuan/akademisi dan permodalan. "Salah satunya yaitu menjadi tuan rumah yang baik. Caranya dengan menerapkan unsur-unsur Sapta Pesona yaitu aman, tertib, bersih, indah, sejuk, ramah dan kenangan," ungkap dia.

Menurut Romi, kegiatan Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona pada tahun 2017 ini menurut Romi pertama kali diluncurkan oleh Menteri Koordinator Kemaritiman dan Menteri Pariwisata pada saat peringatan Hari Pers Nasional pada 8 Februari 2017 di Ambon. Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona pada tahun 2017 akan dilaksanakan di 136 lokasi di seluruh Indonesia baik melalui pendanaan pusat maupun dekonsentrasi.

"Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona di Kota Palangka Raya dilaksanakan hari ini Pelabuhan Kereng Bangkirai, Danau Sebangau Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah yang diikuti oleh 200 peserta," kata dia.

Hadir pula sebagai narasumber Anggota DPR RI Komisi X Asdy Narang yang menyampaikan materi kebijakan kepariwisataan Indonesia. Sementara Romi Astuti menyampaikan materi Sadar Wisata dan Sapta Pesona agar menjadi perilaku sehari-hari masyarakat.

Selain itu kegiatan dihadiri Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng Guntur Talajan, Wali Kota Palangka Raya HM Riban Satia, Wakil Wali Kota Palangka Raya Mofit Saptono Subagio, dan Kepala Disbudpar Kota Palangka Raya Norma Hikmah. (TESTI PRISCILLA/B-8)

Berita Terbaru