Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kaur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Satlantas Kobar Bentuk Patroli Keamanan Sekolah di SMP dan SMA

  • Oleh Cecep Herdi
  • 27 April 2017 - 22:16 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Untuk membantu dan bersinergi dengan pihak sekolah, Satlantas Polres Kobar membentuk Patroli Keamanan Sekolah (PKS) di tingkaT SMP dan SMA se-Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). PKS terdiri dari siswa kelas dua dan tiga tiap tingkatan. Jumlahnya beregu. Dalam satu regu terdiri dari enam orang siswa.

"Tugas PKS ini untuk membantu pihak kepolisian dalam pengamanan siswa saat masuk dan pulang sekolah," kata Kasatlantas Polres Kobar, AKP Asdini Pratama Putra, Kamis (27/4/2017).

Ia menjelaskan dalam teknis di lapangan, para PKS itu setiap harinya membantu saat penyeberangan siswa sekolah di jalan raya. Saat jam sekolah masuk biasanya sejak pukul 06.00 hingga 06.30 WIB, para PKS sudah berada di jalan raya membantu penyeberangan siswa sekolah.

"Seluruh tingkat SMO dan SMA sudah terbentuk, namun yang sudah berjalan dengan baik saat ini baru SMA Negeri 1 Pangkalan Bun, serta SMP Negeri 7 Arsel," kata Asdini.

Dijelaskannya tak hanya saat pagi, ketika jam oulang sekolah juga regu PKS ini sudah berada di jalan raya mulai pukul 12.00 sampai pukul 14.00 WIB.

"Ada perubahan sejak PKS ini dibentuk, seperti para siswa sudah mulai teratur saat jam masuk dan pulang sekolah. PKS juga bukan hanya membantu menyeberangkan siswa, tapi ikut menegur juga para siswa yang belum cukup umur mengendarai sepeda motor ke sekolah," (CECEP HERDI/B-10)

Berita Terbaru