Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumenep Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

IPAL di TPA Baru Harus Jadi Percontohan

  • Oleh Cecep Herdi
  • 28 April 2017 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Instalasi pengelolaan air limbah (IPAL) di TPA Baru, Desa Pasir Panjang, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kobar, bisa menjadi percontohan untuk pengelolaan IPAL bagi seluruh perusahaan.

Menurut calon bupati terpilih Kabupaten Kobar periode 2017-2022, Hj Nurhidayah, TPA Baru sudah terkoneksi semuanya dan konsep master plan yang sudah jelas hingga limbah yang dihasilkan tidak berbahaya bagi manusia maupun makhluk hidup lainnya.

"Jadi ini sebagai suatu konsep. Saya juga sudah berkoordinasi dengan Wakil bupati terpilih Ahmadi Riansyah, mungkin kita harus membentuk regulasi limbah," kata Hj Nurhidayah, Jumat (28/4/2017).

Ia menjelaskan, di Kabupaten Kobar sangat banyak perusahaan orientasi akhirnya adalah menghasilkan limbah. Tentunya limbah tersebut harus bisa dimanfaatkan, jangan hanya dibuang sembarangan dan berdampak negatif terhadap alam.

"TPA baru ini bisa menjadi percontohan pengelolaan air limbah bagi perusahaan, karena kita belum tahu persis bagaimana pengelolaan limbah-limbah perusahaan," ujarnya.

Sehingga ke depan pihaknya akan mencoba menerapkan IPAL TPA Baru tersebut kepada seluruh perusahaan-perusahaan agar menjadi percontohan. Dengan tujuan agar tidak ada pelanggaran dan membahayakan warga dan mahluk hidup sekitar perusahaan tersebut.

"Kita anggap limbah ini berbahaya, tapi setelah kita kelola menjadi bermanfaat baik untuk manusia, hewan dan tumbuhan," terangnya. (CECEP HERDI/B-8)


TAGS:

Berita Terbaru