Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tidore Kepulauan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tunjangan Sertifikasi Guru Triwulan Pertama Diprediksi Cair Awal Mei

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 29 April 2017 - 06:16 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Meskipun hingga kini belum cair, guru-guru bersertifikasi di Lamandau nampaknya bisa sedikit lega. Pasalnya, dalam waktu dekat tunjangan sertifikasi guru diprediksi bakal segera cair.

Hal itu seperti disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Lamandau, Meigo, melalui Kepala Bidang (Kabid) Ketenagaan, Eby Iriansen, kepada borneonews.co.id, Jum'at (28/4/2017).

"Untuk tunjangan sertifikasi tersebut mungkin awal bulan Mei mendatang sudah bisa dicairkan," ujarnya.

Eby menyebut, pada dasarnya pihaknya tidak ingin terburu-buru mencairkan tunjangan sertifikasi guru sebelum dilakukan sinkronisasi data guru-guru penerima tunjangan yang besarnya satu kali gaji pokok tersebut.

Hal itu, kata dia, demi mengantisipasi terjadinya perbedaan data antara data dapodik dengan kenyataan.

Misalnya, sambung dia, dalam data dapodik, ada guru yang sudah bersertifikasi masa kerjanya 16 tahun. Padahal kenyatannya dia sudah bekerja selama 28 tahun.

"Jika tunjangan sertifikasi dibayarkan sesuai data dapodik, maka tentu besaranya tidak sesuai dan bahkan tidak sebesar dengan masa kerja pada kenyataanya yang sudah selama 28 tahun," ucapnya.

Karenanya, dirinya meminta agar para guru di lamandau khususnya yang bersertifikasi untuk bersabar menunggu pencairan tunjangan sertifikasi.

"Saat ini, uangnya sudah masuk ke kas daerah. Begitu sinkronisasi data selesai, maka bisa segera dicairkan, semoga awal Mei sudah bisa cair," tukasnya.

(HENDI NURFALAH/m)

Berita Terbaru